Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Gizi pada Jagung yang Penting Diketahui

Jagung merupakan komoditi terbesar di Indonesia setelah padi. Selain mempunyai rasa yang khas dan enak, jagung juga mengandung gizi yang banyak untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bahannya bisa diolah menjadi aneka jenis masakan lezat dan mengenyangkan.

Daftar Kandungan Gizi Jagung

Kandungan jagung sesungguhnya tidak hanya Karbohidrat. Ada kandungan gizi lainnya yang membuatnya cocok dijadikan sebagai bahan makanan atau camilan. Adapun kandungan-kandungan tersebut adalah Antioksidan, Serat, Vitamin dan Mineral yang tinggi. 

Jagung

Pada setiap 100 gr jagung terdapat kandungan 21 gr Karbohidrat, 96 kcal Kalori, 3,4 gr Protein, 73% air, 2,4 gr Serat, 4,5 gr Gula, 1,5 gr lemak serta berbagai kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin-vitamin yang ada dalam jagung di antaranya adalah Vitamin A, C, D, E, K, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan B12. Ada juga kandungan Kalsium, Magnesium, Zat Besi, Fosfor, Sodium, Zinc dan Kalium (Potasium).

Manfaat Jagung bagi Tubuh

Masing-masing kandungan gizi tersebut memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Inilah berbagai manfaat mengkonsumsi jagung:

1.   Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat jagung adalah menjaga sistem pencernaan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan seratnya yang sangat tinggi. Fungsi serat tersebut di antaranya adalah mencegah sembelit, mencegah penyerapan kolesterol serta membersihkan usus.

Dalam jangka panjang, jagung dapat mencegah terjadinya kanker usus. Namun, penting diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan.

2.   Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata jagung juga memiliki peran yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Ini karena kandungan Beta Karoten yang membentuk vitamin A. Bahan makanan ini juga dapat menjaga kulit dari segala kerusakan.

Kandungan Antioksidan di dalamnya dapat menghindarkan kulit dari radiasi UV. Tidak hanya itu, jagung dapat menjaga kemulusan kulit karena jumlah Kolagen yang tinggi di dalamnya.

3.   Tingkatkan Kesehatan Mata

Manfaat lainnya dari jagung adalah membantu menjaga kesehatan mata. Fungsi ini dipengaruhi oleh kandungan Karotenoid yang dihasilkan dari biji jagung berwarna kuning. Dengan demikian, fungsi mata akan jauh lebih maksimal.

Terjadinya penurunan daya lihat pada pusat garis mata pun juga bisa dihindari. Selain itu, kandungan vitamin A di dalamnya juga dapat membantu menjaga mata tetap sehat. Namun, kesehatan mata tersebut tidak cukup jika hanya dari jagung, pastikan mengkonsumsi jenis makanan yang lain juga.

4.   Cegah Penyakit Diabetes

Jagung memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga ampuh untuk mencegah naiknya kolesterol. Jika kadar kolesterol dalam darah stabil, maka gula darahnya juga akan stabil. Ini cukup ampuh dalam mencegah penyakit Diabetes.

Biji jagung memiliki kandungan Polyphenols yang dapat melindungi diri seseorang dari penyakit Diabetes tipe 2. Ini akan sangat membantu karena kasus penderita Diabetes di Indonesia terbilang tinggi.

5.   Meningkatkan Imun Tubuh

Tidak hanya memenuhi kebutuhan energi dengan kandungan Karbohidratnya, jagung juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Termasuk menjaga imun tubuh si kecil. Kekebalan tubuh yang terbentuk akan mencegah datangnya penyakit.

Vitamin A yang terbentuk melalui Beta Karoten dalam jagung sangat efektif meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ini sangat penting untuk pertumbuhan si kecil yang sehat.

Itulah beberapa kandungan gizi dan khasiat dari jagung yang akan didapatkan dengan mengkonsumsi jenis biji-bijian tersebut. Menariknya, jagung dapat diolah menjadi aneka masakan yang enak. Mulai jenis makanan manis, asin, gorengan, kue, puding hingga nasi.